Breaking News
Loading...
Minggu, 27 Januari 2013

20.01

a. Batch system
adalah dukungan terhadap pengelolaan sistem dimana sistem tersebut bisa  dibangun oleh bahasa pemrograman apapun.
b. Multiprogramming system
adalah kemampuan sistem operasi dalam mendukung banyak program. sehingga komputer dapat menjalankan beberapa aplikasi secara hampir bersamaan
c. Time sharing system
adalah kemampuan sistem operasi dalam pengaturan waktu dengan diadakan penjadwalan penggunaan sumber daya .
d. Paralel (multiprocessor)
adalah suatu komputer yang mempunyai lebih dari 1 prosesor dan dengan kelebihan tersebut  memungkinkan sistem mengeksekusi beberapa perintah secara bersamaan .
e. Sistem Terdistribusi
adalah sebuah sistem dimana sistem menangani beberapa prosesor yang setiap prosesor memiliki memori utama  sendiri yang kemudian akan di hubungkan dengan jaringan komunikasi seperti LAN dan WAN, sehingga prosesor-prosesor tersebut dapat saling bekerja sama dan berbagi sumber daya.
f. Sistem Cluster
adalah suatu sistem yang menghubungkan banyak komputer dalam 1 tempat atau hanya secara lokal saja dan dengan kelebihan tersebut dapat memungkinkan beberapa sistem komputer membagi storage memori secara bersama-sama
g. Real time System
adalah suatu komputasi yang dapat diselesaikan dalam jangka waktu tertentu dan  hasil pemprosesan dapat langsung di ketahui.
h. Handheld system
adalah suatu komputer dengan kemampuan terbatas, yang memiliki perangkat berukuran kecil sehingga dapat / mudah di genggam. e.g : telepon seluler, PDA.

1. Perbedaan sistem single programming dan multiprogramming
pada bagian atas sudah dijelaskan bahwa multiprogramming dapat menjalankan beberapa aplikasi secara hampir bersamaan, namun pada sistem singleprogramming komputer hanya dapat melakukan 1 aplikasi saja. misal pada DOS

2.Perbedaan symmetric dan asymmetric multiprocessing
pada Symmetric memungkinkan setiap prosesor dapat melakukan banyak job tanpa mengurangi kinerja dari sistem dalam waktu yang hampir bersamaan.
sedangkan pada asymmetric prosesor akan mendapatkan job secara spesifik.yaitu sebagai master prosesor yang bertugas dalam mengatur penjadwalan.

3. Perbedaan sistem paralel dan sistem terdistribusi
pada sistem paralel prosesor dapat digunakan untuk mengeksekusi beberapa perintah bersamaan, sedangakan pada sistem terdistribusi prosesor berbagi sumber daya, namun tidak dapat menjalankan perintah bersamaan.

4. Perbedaan sistem terdistribusi dan sistem terklaster
sistem terdistribusi:
- gabungan dari beberapa PROCESSOR yang dihubungkan oleh jaringan komunikasi
- menghandle beberapa komputer yang tersebar
sistem terklaster
- gabungan beberapa KOMPUTER yang dihubungakan oleh jarigan komunikasi
 - menghandle beberapa komputer yang lingkupnya secara lokal atau hanya 1 tempat.

5. Pengertian symmetric dan asymmetric clustering
Symmetric clustering: pada sistem ini dimisalkan ada 2 mesin yang bekerja. 1 mesin sebagai pengawas kinerja mesin yang alain. ketika mesin yang diawasi terjadi masalah maka mesin pengawas akan mengambil alih tugas dari mesin yang satunya.
lain dengan Asymmetric clustering pada sistem ini kedua mesin salinga bekerja dan saling mengawasi, adn ketika terjadi masalah dengan salah satu dari mesin tersebut yang alain akan mengambil alih tugas yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer