Breaking News
Loading...
Minggu, 25 November 2012

membuat segitiga dengan Dev C++

19.30
mau tau bagaimana caranya?
buatlah project dengan nama terserah anda :D
pada bagian awal coding copy ini : 
#include <windows.h>   // digunakan oleh sistem
#include <gl/Gl.h> // import glutnya
#include <gl/glut.h>
//<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<< myInit >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
 void myInit(void)
 {
    glClearColor(1.0,1.0,1.0,0.0);           // membuat latar belakang putih
    glColor3f(0.0f, 0.0f, 0.f);                  // membuat warna gambar hitam
     glPointSize(4.0);                   // ukuran titik 4 x 4 pixel
    glMatrixMode(GL_PROJECTION);
    glLoadIdentity();
    glLineWidth(4.0f);
    gluOrtho2D(0.0, 500.0, 0.0, 300.0);
}
pada void display silahkan copy coding ini pada project anda
void myDisplay(void)
{
    glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); 
   
           // hapus layar
    glColor3f(0.0f,0.0f,0.0f);
    glBegin(GL_TRIANGLES);
        glVertex2i(25, 0);
        glVertex2i(50, 50);
        glVertex2i(75, 0);                
    glEnd();   
    glColor3f(0.0f,0.0f,0.0f);
    glBegin(GL_TRIANGLES);
        glVertex2i(75, 0);
        glVertex2i(100, 50);
        glVertex2i(125, 0);                
    glEnd();
    glColor3f(0.0f,0.0f,0.0f);
    glBegin(GL_TRIANGLES);
        glVertex2i(25, 0);
        glVertex2i(50, 50);
        glVertex2i(75, 0);                
    glEnd();   
    glColor3f(0.0f,0.0f,0.0f);
    glBegin(GL_TRIANGLES);
        glVertex2i(125, 0);
        glVertex2i(150, 50);
        glVertex2i(175, 0);                
    glEnd();               
    glColor3f(0.0f,0.0f,0.0f);
    glBegin(GL_TRIANGLES);
        glVertex2i(50, 50);
        glVertex2i(75, 100);
        glVertex2i(100, 50);                
    glEnd();           
    glColor3f(0.0f,0.0f,0.0f);
    glBegin(GL_TRIANGLES);
        glVertex2i(100, 50);
        glVertex2i(125, 100);
        glVertex2i(150, 50);                
    glEnd();   
    glColor3f(0.0f,0.0f,0.0f);  // pemberian warna hitam pada segitiga
    glBegin(GL_TRIANGLES);
        glVertex2i(75, 100);
        glVertex2i(100, 150);
        glVertex2i(125, 100);                
    glEnd();   
    glFlush();                             // mengirim semua output ke layar
}
aku  menggunakan triangles pada coding ini, biar gampang dalam pemberian warna, kalu pake GL_LINES_LOOP kalian harus pake GL_POLYGON untuk kasih warna, daripada ribet, pakelah TRIANGLES. :D
nah untuk menentukan titiknya kita ambil contoh :
        glVertex2i(75, 100); berartimenunjukkan nilai x= 75 dan y=100, kalian bisa ubah sesuka kalian :)

ini project jadinya :
Segitiga

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer